Press "Enter" to skip to content

Polres Pasaman Laksanakan Lomba Da’i Cilik Se Kabupaten Pasaman

Polres Pasaman –

Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1441 H, Polres Pasaman melalui satuan Fungsi Pembinaan Masyarakat (Binmas) melakukan lomba Da’i cilik se Kabupaten Pasaman. Kegiatan ini merupakan program Kreatif Polres Pasaman yang pelaksanaannya dilakukan melalui 2 (dua) tahap yakni penyisihan di masing-masing nagari yang difasilitasi oleh Kapolsek beserta Kanit Binmas dan Bhabinkamtibmas masing-masing nagari. Dari hasil penyaringan di tingkat nagari, para Da’i cilik terpilih ini dilombakan lagi di tingkat Polres Pasaman yang pelaksanaannya baru dapat terlaksana pada hari Jum’at 05/06/2020 pukul 09.00 Wib s/d Selesai di Aula Mapolres Pasaman, hal ini dikarenakan situasi dan kondisi yang berada dalam masa pandemi Covid-19.

Hal ini ditegaskan oleh Kapolres Pasaman AKBP Hendri Yahya, SE didampingi kasat Binmas dan tim dewan Juri lomba Da’I cilik, bahwa penyaringan atau penyisihan telah dilakukan pada bulan Ramadhan kemaren di 37 Nagari, dan peserta yang lolos penyaringan dilombakan lagi di Mapolres Pasaman yang pelaksanaannya baru dapat dilakukan hari ini yang diikuti oleh 12 orang peserta.

Lebih lanjut Kapolres menyatakan bahwa, tujuan diadakannya lomba Da’i Cilik ini, dalam rangka mencari bibit-bibit unggul. Dimana nantinya mereka bisa menjadi penyejuk hati serta bisa menyerukan kedamaian dan kerukunan serta menolak segala bentuk kekerasan permusuhan dan kerusuhan dan sekaligus bisa menjadi promotor dalam menanamkan akhlak mulia seperti yang dicontohkan Rasulullah SAW serta dapat menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas.

Secara umum penilaian terhadap para peserta dapat diberikan nilai tinggi karena kemampuan anak-anak para Da’i cilik ini sangat luar biasa, karena sudah berani berbicara dan memberikan ceramah di depan Kapolres, Kepala Kemenag serta Ketua MUI Pasaman sambung Kapolres memberikan pesan-pesan untuk keselamatan umat serta pesan-pesan kamtibmas. Untuk menentukan penilaian lomba Da’i Cilik tersebut Polres Pasaman melibatkan empat orang juri yang terdiri dari Kapolres Pasaman AKBP Hendri Yahya, SE, Kakankemenag Pasaman Dedi Wandra, S. Ag, MA, Ketua MUI Pasaman Habibullah,S. Ag, MH dan Brigadir Pontas Hanafi Nasution, SH.

Dari hasil kesimpulan dewan juri untuk Da’i terbaik dengan nilai tertinggi (juara I) diraih oleh Ahda Azkia (12) dari nagari Padang Gelugur. Selanjutnya, juara II M. Hasnul (13) Nagari Muaro Sei Lolo, juara III Ahmad Fauzi (13) Nagari Sintang Cubadak, dan untuk juara harapan I diraih oleh Syafri Rahmat (13) nagari Panti Selatan dan harapan II M. Sayyaf Zeti (13) nagari Pauah Lubuk Sikaping. Bagi para pemenang Lomba ini mereka berhak mendapatkan piagam penghargaan serta uang pembinaan dari Polres Pasaman, tutup Kapolres. (Humas Polres Pasaman)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *